X

Cara Memasang dan Membuat Backlink yang Benar di Blog

Backlink spam mudah didapatkan. Yang sulit, adalah cara memasang atau membuat backlink yang benar di blog , agar berdampak positif, dan kualitas serp blog akan bertambah baik.

Oleh karena itu, Anda harus santai membacanya, karena yang akan kita bahas adalah ;

  1. Membuat backlink dari link internal.
  2. Menciptakan atau membuat backlink dari blog lain menuju ke blog kita.
  3. Dan, kumpulan backlink profil yang patut Anda coba.

Dan, Asal anda tahu….

Kami tidak akan mengajarkan Anda untuk memburu backlink spam, seperti berkomentar di blog dofollow, dan backlink redirect dari situs pendidikan.

Kami sampaikan ini, barangkali Anda pernah mengunjungi blog yang mengajarkan Anda melakukan hal itu. Kesimpulannya, jika Anda sayang dengan blog, maka jangan melakukan spam, seperti contoh di atas, karena berdampak negatif kepada blog Anda.

Jauh lebih baiknya jika kita membuat backlink yang cerdas, dan tentunya natural. Dan, salah satu cara agar backlink kita tidak dianggap spam oleh google, dan pastinya natural, adalah

Membuat link internal yang benar.

Link internal juga bisa disebut dengan backlink. Jadi, anda jangan hanya berpikiran “kalau backlink adalah link dari blog luar menuju ke blog Anda.”

Bahkan, manfaatnya link internal sangat luarbiasa jika dibuatnya dengan benar. Oleh sebab itu, yang perlu Anda perhatikan ketika membuat internal link yang tepat, adalah

1. Link yang sesuai dengan pembahasan.

Link yang sesuai dengan topik pembahasan adalah link yang menuju ke artikel lainnya, namun artikelnya masih berhubungan.

Semisal, Anda pernah membuat artikel tentang “Cara Memilih durian.” Langkah selanjutnya, buatlah artikel tentang “Manfaatnya buah durian.” Dan, pada artikel tersebut diberikan link yang menuju ke artikel “Cara memilih durian.”

ontoh lainnya bisa Anda perhatikan  ketika google membuat link internal.

Ketika google membuat artikel tentang “Membuat Unit Iklan responsif yang kompatibel dengan AMP.”, google memberikan link internal yang berjudul “Buat unit iklan responsif baru.”

Tentunya, link internal yang semacam itu, adalah link yang benar, dan sesuai dengan topik pembahasan.

2. Membuat anchor text yang bervariasi.

Anchor text adalah kalimat yang diberikan link. Jadi, ketika Anda membuat anchor text haruslah bervariasi, dan jangan itu itu saja.

Setidaknya, diberikan kata tambahan seperti gambar berikut ;

Perhatikan kalimat yang diberi tanda tebal, dan ini masih melanjutkan dari contoh di atas tentang “cara memilih durian.” Dan link internalnya berupa “manfaatnya buah durian.”

Jadi, supaya link internal mempunyai anchor text yang berbeda-beda harus diberi kata tambahan, seperti “khasiat, dan manfaat, dan kata “sangat banyak“.

Semoga anda sudah bisa memahami apa yang kami maksudkan, dan semoga bermanfaat.

Menciptakan atau membuat backlink dari blog luar menuju ke blog Anda.

Sebenarnya, pada point ini, adalah memancing orang lain, agar mereka suka rela membuat link yang mengarah ke blog kita.

Namun, hal ini bukanlah perkara mudah, karena kita harus pandai

1. Membuat artikel yang berkualitas Baik.

Artikel berkualitas baik adalah artikel yang disukai google, karena artikel seperti itu pasti disukai pembaca.

Sekarang begini saja….

Seandainya ada blogger lain yang membaca artikel Anda, dan pas kebetulan dia merasa puas, dan senang, maka bukan perkara mustahil apabila dia membuat link di blognya menuju ke artikel anda sebagai referensi.

Jujur, terkadang kami melihat blog yang menulis artikel, namun referensi diambil dari blog lainnya. Tentunya, artikel yang dijadikan sebagai referensi adalah artikel berkualitas baik.

Maka dari itu, buatlah artikel yang berkualitas, agar orang lain suka rela memberikan backlink kepada Anda. Dan, backlink yang semacam inilah backlink yang berkualitas hebat.

2. Memasang link yang menuju ke blog lain.

Pembahasan yang ini, sebenarnya masih berkaitan dengan pembahasan di atas.

Jika kita belum mampu membuat artikel berkualitas baik, maka ada cara lain agar orang lain mau memberikan backlink kepada kita, yaitu kita memberikan backlink terlebih dahulu kepada mereka.

Namun, anda jangan terlalu berharap kalau mereka mau membalas kebaikan anda yang berupa backlink. Karena, belum tentu mereka tahu kalau Anda telah memberikan backlink kepada mereka.

Oleh sebab itu, langkah berikutnya adalah ;

3. Menghubungi pemilik blog yang berhubungan.

Sangat tepat…

Setelah anda selesai membuat artikel, dan memberikan link menuju ke blognya orang lain, langkah selanjutnya adalah menghubungi mereka.

Namun, anda jangan terlalu berharap kalau mereka mau membalas kebaikan anda berupa backlink, karena mereka belum tentu mau memasang link mengarah ke blog Anda, meskipun blog mereka telah dibuatkan backlink oleh Anda.

Yang sabar…. Yang penting, kita sudah berusaha., dan tetaplah semangat mengelola blog.

Membuat backlink profil.

Membuat backlink profil sangatlah mudah. Kita cukup membuat profil media sosial online, dan di profil itu diberikan link yang menuju ke blog Anda.

Dengan begitu, blog Anda mempunyai backlink profil. Namun, lebih baiknya jika anda memilih media sosial online yang memiliki PA, dan DA di atas 80, seperti

Backlink profil dari twitter, google plus, facebook.

Media sosial online seperti twitter, google plus, dan facebook sangat tepat dijadikan sebagai backlink profil, karena memiliki domain authority, dan page authority yang tinggi.

Coba anda perhatikan domain authority, dan page authority yang dimiliki oleh facebook. Sangat luarbiasa, karena di atas 90.

Jika anda belum mengetahui istilah tersebut, silahkan baca di google, karena di sana sudah banyak yang mengulasnya.

2. Backlink dari situs diskusi seperti forum, dan profil disqus.

Berbicara tentang forum, tapi tidak semua forum memiliki domain, dan page authority yang tinggi. Bahkan, ada juga forum yang mungkin telah dianggap spam oleh google.

Oleh sebab itu, anda jangan sembarangan mendaftar di forum online. Namun, ada satu forum yang kami rekomendasikan kepada Anda, yaitu forum bersosial.

Atau, anda juga bisa membuat profil disqus. Anda bisa memasang link di profil disqus, dan situs tersebut sudah sangat populer bagi para Blogger.

Categories: Blog